#SIP Evaluasi Sistem berbasis Komputer



#SIP Sistem Informasi Berbasis Computer
·         Fokus Data (EDP-- Electronic Data Processing )
Jasmat (2010) dengan menggunakan komputer akan sangat membantu perusahaan dalam menghasilkan informasi yang akurat, tepat waktu, dan relevan. Dengan Informasi yang di hasilkan menggunakan komputer, penerapan sistem komputer akan sangat membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan yang tepat dan bermanfaat. Kesalahan dalam menentukan dan menerapkan kebijakan atau keputusan akan berakibat fatal terhadap perkembangan perusahaan. Pesatnya kemajuan teknologi menyebabkan meningkatnya kebutuhan perusahaan akan penerapan sistem akuntansi yang berbasis komputer, yang di kenal dengan istilah EDP (Electronic Data Processing)
Ada dua cara pengolahan data dalam EDP, yaitu :
A.     Batch Processing
      adalah pemrosesan data di mana data yang telah dimasukan tidak segera di proses, tetapi di simpan terlebih dahulu sampai saat tertentu untuk kemudian di proses secara bersama-sama.
B.     On-Line Processing
      adalah metode pengolahan data dimasukan tanpa menunggu waktu tertentu, setiap data di poskan segera di proses ke arsip yang bersangkutan.

      Kedua sistem ini mempunyai kelebihan tersendiri dalam aplikasinya dilihat dalam pengaruh terhadap fungsi. Sistem informasi berbasis komputer memiliki pengaruh positif agar lebih cepat dan praktis.

·         Sistem Informasi Manajemen  (SIM)
Seiring dengan diperkenalkannya generasi baru alat penghitung yang memungkinkan pemrosesannya lebih banyak. Kosep penggunaan komputer sebagai sistem informasi manajemen (SIM), yang berarti bahwa aplikasi komputer harus diterapkan dengan tujuan utama untuk menghasilkan informasi. Menurut Gordon B. Davis, SIM merupakan integrasi manusia dan mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen & pengambilan keputusan pada suatu organisasi.
Elemen-elemen SIM :
§  Hardware
§  Software
§  Prosedur
§  Database
§  Model

§  Fokus pada Pendukung (SPK)
  Sistem komputer yang bersifat interaktif yang berguna dalam membantu pembuatan sebuah keputusan dalam memecahkan masalah dengan memanfaatkan data yang tidak terstruktur.

§  Fokus pada Komunikasi (Otomatisasi Kantor)
Menurut O’Brien (1996) otomatisasi kantor sebagai suatu sistem informasi berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan pesan-pesan, dokumen-dokumen dan komunikasi elektronik lainnya diantara individual, kelompok-kelompok kerja dan organisasi dengan tujuan tertentu. Berkaitan dengan seluruh sistem elektronik yang bersifat formal maupun informal, terutama yang memiliki kaitan langsung dengan sistem komunikasi dari dan ke orang-orang yang berada di dalam maupun di luar perusahaan.

§  Fokus Konsultasi (Sistem Pakar)
Sistem komputer yang digunakan untuk memecahkan masalah pada manusia yang menggunakan nalar seperti manusia sebagai media konsultasi kepada penggunanya untuk memecahkan suatu permasalahan. Menurut Taufik (2013), sistem pakar secara umum adalah suatu sistem komputer yang bisa bekerja menyerupai pakar. Sistem ini didesain dengan cara mencari keilmuwan-keilmuwan pakar lalu keilmuwan tersebut diaplikasikan dalam komputer melalui bahasa pemrograman.

Daftar Pustaka:

Purnomo A. (2012). Buku kuliah dasar–dasar urologi. Jakarta: CV Infomedika
Roharjana, I. K. (2017). Pengembangan sistem informasi menggunakan metodologi agile. Yogyakarta: Deepublish.
Rukun, K., & Hayadi, H. (2018). Sistem informasi berbasis expert system. Yogyakarta: Deepublish.
Suryana, D. (2012). Sistem teknologi informas jilid 1: komputer sebagai sistem organisasi. USA: CreateSpace Independent Publishing Platform.

0 komentar:

Posting Komentar