BALI OH BALI



BALI OH BALI

Kalian mungkin pernah punya planning someday pengen ke Bali buat liat sunset nya kan ? Atau sekedar main main di Pantai nya kan ? Jangan ke Bali kalo kalian cuman tahu Pantai nya doang yang bagus! Bali juga bagus loh sama kebudayaan nya, rumah adat, dan sebagainya deh. Gak percaya? Yuk kita lihat !

1. Rumah Adat
Salah satu contoh rumah adat daerah Bali disebut Gapura Candi Bentar. Gapura Candi Bentar merupakan pintu masuk istana raja yang merupakan pula rumah adat di Bali. Gapura Candi Bentar dibuat dari batu merah dengan ukir yiran dari batu cadas. Balai Benggong terletak pada sisi kanan dan Balai Wantikan terletak pada sisi kiri. Balai Benggong adalah tempat istirahat raja beserta keluarganya. Balai Wantikan adalah tempat adu ayam attau pegelaran kesenian. Kori Agung adalah pintu masuk pada waktu upacara besar. Kori Babetelan
merupakan pintu untuk keperluan keluarga. Nih ini dia rumah adat dari Bali!



2. Tari tarian Daerah Bali

a. Tari Legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cinta raja dari Lasem.ditarikan secara dinamis dan memikat hati.
b. Tari Kecak, sebuat tarian berdasarkan cerita dari Kitab Ramayana yang mengisahkan tentang bala tentara monyet dari Hanoman dan Sugriwa.
c. Tari Jaran Teji, adalah jenis tari kreasi yang memanfaatkan gerak tari tradisi untuk menggambarkan keterampilan para prajurit penanggung uda yang bersiap siaga menuju medan perang.

Nah ini dia salah satu tariannya !





Nah kan kamu sudah tau betapa kerennya rumah adat dan tariannya. Jangan cuman ke pantai nya aja oke ?




0 komentar:

Posting Komentar