#SIP Sistem Informasi Psikologi

Nama : Nabila Rizki Ananda
Kelas : 4 PA11
Npm  : 15516218

   1.      Definisi Sistem
         Menurut Susanto (2013) sistem yaitu suatu kumpulan/kelompok  dari bagian apapun baik fisik yang saling berhubungan  dan bekerja sama secara harmoni untuk  tercapainya  satu tujuan tertentu.
      Menurut Davis (dalam Hutahaean, 2014), sistem secara fisik adalah sekumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi secara bersama untuk menyelesaikan suatu tujuan atau sasaran
    Menurut Sutanta (2009) sistem secara umum dapat diartikan sebagai suatu kumpulan tertentu yang saling bekerja sama atau yang dihubungkan dengan arah tertentu sehingga membentuk  kesatuan untuk dapat melaksanakan suatu fungsi guna    mencapai suatu sasaran.
        Jadi dapat disimpulkan sistem adalah suatu kumpulan elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan atau sasaran tertentu.
2.  Definisi Informasi
Menurut Leod (dalam Fatta, 2007), Informasi yaitu data yang telah diproses, atau suatu data yang mempunyai arti.
Menurut Hendi Haryadi (2009) informasi dapat diartika suatu hasil pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya nya.
Menurut Kusrini & Kaniyo (2007) informasi yaitu data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan.
                Dari pengertian diatas dapat disimpulkan informasi adalah data yang                  sudah diproses, memiliki makna serta manfaat. 

 3.  Definisi Psikologi
Menurut Basuki (2008), psikologi yaitu suatu ilmu pengetahuan ilmiah yang mempelajari perilaku, sebagai menifestasi dari kesadaran suatu proses mental, aktivitas motorik, kognitif, serta emosional.
Menurut McDoughall (dalam Mangal, 2008), psikologi yaitu ilmu yang mempunyai tujuan untuk memberi kita pemahaman dan kontrol yang lebih baik terhadap perilaku organisme secara menyeluruh.
Morgan (Dalam Basuki 2008), psikologi didefinisikan sebagai  ilmu yang mempelajari manusia dan binatang serta penerapannya pada permasalahan kehidupan manusia.
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia untuk memberi pemahaman saat ada permasalah kehidupan manusia.


Dari pengertian-pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi adalah suatu kumpulan elemen yang saling berinteraksi kemudian diolah menjadi informasi yang mempelajari perilaku manusia untuk memberi pemahaman saat ada permasalahan kehidupan manusia.






sumber referensi :
Azhar Susanto. (2013). Sistem Informasi Akuntansi. Bandung : Lingga Jaya

Basuki, A.M.H. (2008). Psikologi umum. Depok : Universitas Gunadarma.
Edhy Sutanta. (2009). Sistem informasi manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Fatta, H. A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Haryadi, hendi. (2009). Administrasi perkantoran untuk manajemen & staf. Jakarta Selatan : Transmedia Pustaka.
Hutahaean, J. (2014). Konsep sistem informasi. Yogyakarta: Deepublish.
Kusrini & Kaniyo, A. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Mangal, S. K. (2008). An introduction to psychology. New Delhi: Sterling Publishers Private Limited.

0 komentar:

Posting Komentar